Jumat, 27 April 2012

Kemukus (Piper cubeba L.)


Kemukus (Piper cubeba L.) adalah tanaman yang tergolong dalam genus Piper, yang ditanam untuk diambil buah dan minyak atsirinya. Tanaman ini berasal dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera, sehingga disebut juga sebagai lada jawa atau cabe jawa ("Java pepper"), meskipun cabe jawa adalah nama bagi rempah lain (P. retrofractum dan P. longum) yang masih serupa.
Buah kemukus umumnya dipanen sebelum masak kemudian dikeringkan. Kemukus sering dijual dalam bentuk buah kering yang masih memiliki tangkai, sehingga sering disebut sebagai merica berekor (tailed pepper). Biji kemukus berwarna putih, keras dan berminyak.

Kemukus atau dikenal dalam bahasa latinnya Pipper cubeba memiliki kandungan minyak atsiri dengan senyawa markernya adalah cubebin, biasanya terdapat sekitar 2 – 3 % cubebin dalam minyak atsiri kemukus.

Untuk memperoleh minyak kemukus, para penyuling  dapat menggunakan metode distilasi uap dengan waktu 24 jam penyulingan, rendemen dari buah kemukus ini cukup banyak sekitar 10 – 12% sehingga mungkin untuk diusahakan. Fungsi dari minyak kemukus selama ini lebih diperuntukan untuk flavour rokok(di US dan france) dan penambah aroma masakan (timteng dan India), selama ini Indonesia menyupplai kemukus mentah (belum diolah jadi minyak) ke India dan beberapa negara di timur tengah.
Kontak penjualan : rempahaslinusantara@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar